Minggu, 29 April 2012

Siklus Pembelian Kredit, Supplier Mengajukan Penawaran

              Prosedur pembelian kredit, supplier mengajukan penawaran adalah rangkaian aktivitas/kegiatan perusahaan dimana perusahaan melakukan pembelian bahan baku atau sejenisnya kepada supplier dan pelaksanaannya terjadi pada saat supplier melakukan penawaran pada perusahaan. Dengan kata lain, pihak supplier (biasanya disebut sales) datang ke perusahaan untuk melakukan penawaran, biasanya pembayaran dilakukan pada periode selanjutnya saat supplier tersebut datang ke perusahaan.

A. Prosedur pembelian kredit, supplier mengajukan penawaran:
  1. Bagian supplier mengirimkan SPH (Surat Penawaran Harga) ke bag pembelian.
  2. Bagian pembelian menerima SPH dari pemasok lalu membuat permintaan daftar barang yang dikirim ke bagian gudang.
  3. Bagian gudang menerima permintaan daftar barang lalu membuat daftar barang yang ada dan dikirimkan ke bagian pembelian.
  4. Bagian pembelian menerima daftar barang yang ada lalu memutuskan apakah akan memesan atau tidak. Jika tidak akan memesan maka berakhir, tetapi juka mau memesan maka bagian pembelian akan membuat SPP(Surat Permintaan Pembelian) yang dikirim ke pemimpin
  5. Pemimpin setelah menerima SPP dari bagian pembelian, jika menyetujuinya akan mengacc SPP. SPP yang telah diacc dikirim ke bagian pembelian
  6. Bagian pembelian setelah menerima SPP yang telah diacc akan membuat SOP(Surat Order Pembelian) rangkap 4. SOP lembar 1 akan dikirimkan kepada supplier,SOP lembar kedua akan dikirimkan ke bagian gudang, SOP lembar ketiga akan dikirimkan ke bagian keuangan dan SOP lembar keempat akan disimpan sebagai arsip.
  7. Supplier menerima SOP dari bagian pembelian. Setelah itu supplier membuat faktur, lalu mengirimkan faktur beserta barang yang dibeli kepada bagian pembelian.
  8. Bagian pembelian menerima barang dan faktur dari supplier setelah itu mengirimkan barang dan faktur ke bagian gudang.
  9. Bagian gudang menerima barang dari bagian pembelian. Bagian gudang membuat laporan penerimaan barang rangkap 2 berdasarkan barang dan SOP. Laporan penerimaan barang lembar 1 disimpan sebagai arsip, sedangkan lembar kedua dikirim ke bagian keuangan beserta dengan faktur.
  10. Bagian keuangan membuat laporan pembelian kredit rangkap 2 berdasarkan SOP,faktur dan laporan penerimaan barang. Laporan pembelian kredit lembar pertama akan disimpan sebagai arsip dan laporan keuangan kedua akan dikirmkan ke pemimpin.

B. Jobdesc dari masing-masing bagian:
1. Supplier
  • Mengirimkan Surat Penawaran Harga (SPH) ke Bagian Pembelian 
  • Menerima Surat Order Pembelian (SOP) lembar 1 dari Bagian Pembelian 
  • Membuat faktur Mengirimkan faktur beserta barang ke Bagian Pembelian 
2. Bagian Pembelian
  • Menerima SPH (Surat Penawaran Harga) dari Supplier 
  • Meminta daftar barang kepada Gudang 
  • Menerima daftar barang yang ada dari Gudang Jika perlu untuk memesan barang, maka Bagian Pembelian wajib untuk membuat SPP (Surat Permintaan Pembelian) dan dikirimkan ke Pimpinan 
  • Menerima SPP yang sudah di ACC dari Pimpinan 
  • Membuat SOP rangkap 4 
          Lembar 1 : dikirimkan ke Supplier
          Lembar 2 : dikirimkan ke Gudang
          Lembar 3 : dirimkan ke Bagian Keuangan
          Lembar 4 : disimpan sebagai arsip
  • Menerima faktur beserta barang dari supplier 

3. Gudang
  • Bertanggung jawab untuk menerima daftar barang dari Bagian Pembelian 
  • Bertugas untuk membuat daftar barang yang ada / yang tersedia 
  • Mengirimkan daftar barang yang ada ke Bagian Pembelian 
  • Menerima Faktur beserta barang dan SOP lembar 2 dari Bagian Pembelian 
  • Berdasarkan SOP lembar 2 dan faktur beserta barang tersebut, bagian Gudnag wajib membuat Laporan Penerimaan Barang rangkap 2. 
          Lembar 1 : disimpan sebagai arsip
          Lembar 2 : Laporan Penerimaan barang beserta barang dikirimkan ke Bagian Keuangan

4. Bagian Keuangan
  • Menerima SOP lembar 3 dari Bagian Pembelian 
  • Menerima Laporan Penerimaan Barang lembar 2 beserta barang dari Gudang. 
  • Berdasarkan SOP lembar 3 dan Laporan Penerimaan Barang, Bagian Keuangan bertugas untuk membuat Laporan Pembelian Kredit rangkap 2 
          Lembar 1 : dikirimkan ke Pimpinan
          Lembar 2 : disimpan sebagai arsip

5. Pimpinan
  • Menerima SPP dari Bagian Pembelian 
  • Melakukan pemeriksaan SPP tersebut, apabila disetujui, pimpinan mengACC SPP tersebut Mengirimkan SPP yang telah di ACC ke Bagian Pembelian 
  • Menerima Laporan Pembelian Kredit dari Bagian Keuangan 
C. Flowchart Pembelian Kredit, Supplier Mengajukan Penawaran:

3 komentar: