A. Prosedur penjualan:
- Customer dapat mencari buku sendiri atau memesan karena buku tidak tersedia, jika memesan maka customer membuat daftar pesanan yang akan diterima oleh customer service. Jika mencari buku sendiri maka customer mengecek buku tersebut jika sesuai akan dibawa ke kasir.
- Customer service menerima daftar pesanan dari customer membuat faktur lunas dan mengirimkannya ke customer
- Customer menerima faktur pemesanan dan melakukan pembayaran
- Setelah menerima pembayaran customer service membuat tanda terima rangkap 2. Lembar 1 diberikan kepada customer sedangkan lembar kedua disimpan sebagai arsip.
- Kasir menerima buku dari customer lalu menyakan apakah tunai atau non tunai. Jika tunai maka kasir membuat nota yang diberikan kepada customer. Jika non tunai kasir akan membuat slip cc(credit card) rangkap 2. Lebar 1 dikirim bersama buku ke customer. lembar kedua akan dibuat sebagai dasar untuk membuat laporan penjualan non tunai rangkap 2. Laporan penjualan non tunai rangkap 2, lembar 1 kan dikirim ke bagian keuangan seda ngkan lembar kedua sebagai arsip.
- Jika tunai, setelah menerima nota customer melakukan pembayaran kepada kasir. Jika non tunai maka customer menerima buku dan slip cc dari kasir.
- Setelah menerima pembayaran dari customer, maka kasir kan membuat nota lunas rangkap 2 . Lembar 1 akan dikirim bersama buku kepada customer, lembar kedua akan dibuat sebagai dasar untuk membuat laporan penjualan tunai rangkap 2. Laporan penjualan lembar 1 akan dikirim ke bagian keuangan sedangkan lembar kedua akan disimpan sebagai arsip.
- Bagian keuangan menerima laporan penjualan tunai dan laporan penjualan non tunai yang kan digunakan sebagai dasar dalam membuat laporan penjualan rangkap 2,lembar kedua akan dikirim ke pemimpin lembar 1 kan disimpan sebagai arsip.
B. Jobdesc dari masing-masing bagian:
1. Customer
- Mencari buku-buku yang sudah di display di toko.
- Apabila customer sudah merasa cocok dengan buku yang sudah dipilih, maka customer mengecek buku dan membawa buku ke kasir
- Menerima faktur pemesanan dari customer service dan melakukan pembayaran
- Apabila buku yang dicari customer tidak ada, maka customer membuat daftar buku dan mengirimkannya ke customer service
- Menerima nota dari kasir dan melakukan pembayaran ke kasir
- Menerima buku beserta nota lunas dari kasir
- Menerima tanda terima dari Customer Service
2. Customer Service
- Menerima data buku dari costumer
- Apabila customer melakukan pemesanan terhadap buku yang tidak ada, maka Customer Service wajib membuat faktur pemesanan yang dikirimkan ke Costumer
- Menerima pembayaran (uang) dari customer
- Membuat tanda terima rangkap 2
Lembar 1 : dikirimkan ke Costumer
Lembar 2 : disimpan sebagai arsip
3. Kasir
- Menerima buku dari costumer
- Menerima pembayaran tunai dan kredit.
- Tunai: Membuat nota dan mengirimkannya kepada Costumer Menerima uang dari costumer Membuat nota lunas rangkap 2.
Lembar 1 : dikirimkan beserta buku ke costumer
Lembar 2 : dipakai sebagai dasar untuk membuat Laporan Penjualan Tunai rangkap 2.
Lembar 1 : dikirimkan ke Bagian Keuangan
Lembar 2 : disimpan sebagai arsip
- Bukan tunai Membuat slip Credit Card (cc) rangkap 2
Lembar 1 : dikirimkan beserta buku ke costumer
Lembar 2 : digunakan sebagai acuan untuk membuat Laporan Penjualan non tunai rangkap 2
Lembar 1 : dikirimkan ke Bagian Keuangan
Lembar 2 : disimpan sebagai arsip
4. Bagian Keuangan
- Menerima Laporan Penjualan Tunai dan Laporan Penjualan non Tunai dari Kasir
- Membuat laporan penjualan rangkap 2
Lembar 1 : disimpan sebagai arsip
Lembar 2 : dirimkan ke Pimpinan
5. Pimpinan
- Menerima Laporan Penjualan dari Bagian Keuangan
C. Flowchart penjualan:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar